Entity Relationship Diagram (ERD)


Entity Relationship Diagram (ERD)

Hasil gambar untuk entity relationship diagram


Entity Relationship Diagram (ERD) merupakan teknik yang digunakan untuk memodelkan suatu perancangan dalam basis data, ERD juga menggambarkan hubungan antara satu entitas yang memiliki 1 atau lebih atribut dengan entitas yang lain dalam suatu sistem yang terintegrasi.

Perlu diketahui, ERD merupakan model konseptual yang dapat menggambarkan hubungan antara file yang digunakan untuk memodelkan struktur data serta hubungan antar data lainnya.

Berikut ini adalah simbol-simbol yang digunakan dalam membuat suatu ERD .

Hasil gambar untuk simbol simbol dalam erd

ERD ini memiliki 3 komponen utama yaitu, Entity, Relation, dan Attribute.

1. Entity (Entitas)


Entity (Entitas) merupakan Objek-objek dasar yang terkait di dalam sistem, bisa berupa orang maupun benda. Contohnya seperti Mahasiswa, Penjual, Pembeli, Barang rusak, dan lain-lain.
Entitas ini terbagi menjadi 2 yaitu, Strong Entity dan Weak Entity.

a. Strong Entity

Merupakan entitas yang berdiri sendiri tanpa adanya ketergantungan dari entitas lain. Strong Entity biasa digambarkan dalam bentuk persegi.

b. Weak Entity

Merupakan entitas yang muncul karena adanya entitas yang lain, atau adanya ketergantungan dengan entitas yang lain. Weak Entity ini biasa digambarkan dalam bentuk persegi yang didalamnya juga ada persegi (Bisa dilihat digambar atas).

2. Attribute (Atribut)


Attribute (Atribut) atau yang biasa dipahami sebagai properti, merupakan keterangan-keterangan yang terkait pada sebuah entitas. Atribut memberikan informasi lebih rinci tentang jenis entitas. Atribut memiliki jenis-jenis sebagai berikut.

a. Atomic Attribute

Merupakan atribut yang sudah paling sederhana dan tidak dapat dipecah lagi menjadi atribut-atribut lainnya yang sejenis.

b. Composite Attribute

Merupakan atribut yang terdiri dari beberapa atribut yang lebih kecil yang mempunyai arti tertentu yang masih bisa dipecah lagi sehingga menjadi sub atribut.

c. Multivalued Attribute

Merupakan atribut yang memiliki lebih dari satu (Multivalue) nilai dari atribut yang bersangkutan.

d. Derived Attribute

Merupakan atribut hasil turunan dari atribut lainnya. 

Nah, untuk lebih mengetahui tentang 4 macam atribut diatas, mari perhatikan gambar dibawah ini. 




3. Relationship (Relasi / Hubungan)


Relationship (Relasi) merupakan hubungan yang menghubungkan antara 2 jenis entitas atau lebih yang dilambangkan dengan belah ketupat.

Perlu diketahui, bahwa terdapat Derajat Relasi dalam suatu relasi dalam ERD. Derajat Relasi adalah banyaknya hubungan antar entitas, Derajat Relasi ini terbagi dari derajat satu (unary)  hingga n-derajat (n-ary). Nah, Berikut dibawah ini akan saya jelaskan hingga derajat tiga (ternary) saja.

a. Unary Degree(Derajat Satu)

yaitu menghubungkan 1 buah relasi dan 1 buah entity.

b. Binary Degree(Derajat Dua)

yaitu menghubungkan 1 buah relasi dengan 2 buah entity.

c. Ternary Degree(Derajat Tiga)

yaitu menghubungkan 1 buah relasi dengan 3 buah entity.

========================================================================
Nah, ada sedikit tambahan tentang sesuatu yang masih menyangkut ERD, yang dikenal dengan Keys.
Keys adalah kumpulan dari beberapa atribut yang unik sehingga dapat dapat membedakan setiap record data. Keys dibagi menjadi dua, yaitu.

1. Primary Key

Merupakan atribut yang digunakan untuk menentukan suatu entitas secara unik (membedakan suatu entitas dengan entitas lainnya dalam satu entitas set yang sama). Contohnya seperti Nim, tentunya setiap mahasiswa pasti memiliki Nim yang berbeda bukan?

2. Candidate Key

Merupakan suatu atribut dalam suatu entitas yang menunjuk ke atribut primary key yang lain. Misal terdapat tabel dosen wali, maka Nip menjadi primary key, dan Nim mahasiswa yang menjadi primary keypada tabel mahasiswa menjadi Candidate key pada tabel dosen wali.
.
.
.


```````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````
Nah, Cukup sekian materi hari ini yaa....
Share link blog ini supaya semakin banyak orang yang paham tentang ERD :')

Terima Kasih :')

Komentar

Postingan Populer