Pengertian Data dan Basis Data

Data



Pengertian Data Menurut beberapa Ahli 


Menurut Webster New World Dictionary
-Data adalah things known or assumed, yang berarti bahwa data itu sesuatu yang diketahui atau dianggap.


Menurut Selamet Riyadi
-Data merupakan kumpulan informasi yang diperoleh dari pengamatan dimana data bisa berupa angka-angka atau lembang-lambang.


Menurut Supriyanto dan Ahmad Muhsin
-Data merupakan bahan baku dari informasi atau simbol yang mewakili kuantitas, fakta, tindakan benda dan lain sebgainya.

Menurut Lia Kuswayatno
-Data merupakan sebuah kejadian yang benar-benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

---------------------------------------------------------------------------
Nah, dari pengertian Data menurut para Ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa Data adalah

"Fakta yang didapat dari kejadian, pengalaman, atau pengamatan yang dapat menjadi informasi bagi orang yang membutuhkan yang dapat berupa angka-angka, simbol-simbol, atau lambang-lambang."


Basis Data


Sedangkan Basis Data adalah 

"K
umpulan data yang tersimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah menggunakan perangkat lunak untuk menghasilkan informasi". 

Basis data merupakan supplier dari data dan menyediakan fasilitas untuk memudahkan pengambilan keputusan yang hendak diambil.

Kenapa Basis Data diperlukan?


Biasanya kita kalau menyimpan buku pastinya di Rak Buku. Tujuannya tidak lain adalah supaya memudahkan kita untuk mencari buku dengan kelas atau topik yang berbeda, misalnya di Rak Buku paling atas kita biasa menyimpan Buku Komik, di Rak tengah kita biasa menyimpan Buku Pelajaran dan di Rak paling bawah biasa menyimpan Majalah atau koran. Selain itu, supaya terlihat lebih rapih dan enak dipandang bukan?

Sama halnya dengan Data dan Basis Data, Data disimpan di Basis Data supaya lebih mudah untuk mencari data yang kita cari. 

Berdasarkan data diatas, bisa kita simpulkan bahwa basis data / database memiliki peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari terutama dalam pengolahan data. 


Sekian materi kali ini tentang Pengertian Data dan Basis Data, Terima Kasih.
Semoga Bermanfaat :')



Sumber:

http://www.pelajaran.co.id/2016/13/pengertian-data-menurut-para-ahli.html


Komentar

Postingan Populer